Subhanallah, 330 Napi di Rutan Serang Khatam Alquran Berjamaah


Sebanyak 330 narapidana (napi) yang menjadi warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Serang menghatamkan Alquran secara serentak selama dua jam. Kegiatan tersebut menyambut HUT ke-53 Pemasyarakatan yang puncaknya pada tanggal 27 April 2017.

Kepala Rutan Serang Anton mengatakan, kegiatan khatam Alquran dilakukan secara serentak di rutan dan lapas seluruh Indonesia termasuk di Rutan Serang. Khatam Alquran ini masuk dalam rekor MURI.

"Kali ini kegiatan khatam Alquran diikuti sebanyak 330 warha binaan yang tersangkut berbagai macam kasus, seperti pencurian, narkoba, korupsi juga ada," kata Anton, Kamis (20/4/2017).

Dalam kesehariannya, warga binaan sudah mendapatkan pelajaran mengaji dari Kemenag Kota Serang dan Ustadz yang sudah disiapkan oleh pengelola rutan. "Kita berharap dengan program ini warga binaan memiliki mental dan rohani yang lebih baik lagi, agar mereka setelah keluar rutan tidak mengulangi lagi apa yang sudah dilakukan," paparnya.

Pada kegiatan khatam Alquran, tidak semua warga binaan mengikutinya, sebab dari total 501 warga binaan ada yang baru masuk dan beragama selain Islam. "Yang nonmuslim tidak ikut. Yang muslim pun ada yang tidak ikut,  itu yang baru masuk, kita utamakan yang lama dulu untuk mengatisipasi kemanan," paparnya.

Sementara itu, salah satu warga binaan Jaenudin mengaku antusias mengikuti khatam Alquran secara bersama-sama. Sebab, Jaenudin yang sudah divonis 2 tahun itu belum pernah khatam. "Baru kali ini, pasti senang menjadi salah satu peserta. Apalagi ini masuk rekor MURI," ujarnya.


sumber
Blogger Widget